Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pola Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Era Digital

Authors

  • Saidur Ridlo

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.282

Keywords:

kepemimpinan transformasional, kinerja guru, kepala sekolah, era digital, pendidikan.

Abstract

Perubahan yang terjadi di era digital menuntut adanya adaptasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kinerja guru. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pola kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait kepemimpinan transformasional dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan pola kepemimpinan transformasional mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung inovasi, memberikan inspirasi, dan memberdayakan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Artikel ini diakhiri dengan rekomendasi praktis untuk implementasi kepemimpinan transformasional di sekolah-sekolah Indonesia

Published

2024-09-28

How to Cite

Ridlo, S. (2024). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pola Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Era Digital. Khatulistiwa, 5(2), 28-38. https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.282