khatulistiwa https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa <p><a href="https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa" target="_blank" rel="noopener"><strong>khatulistiwa</strong></a> : jurnal ilmu pendidikan </p> <p>ISSN ONLINE: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211106111523636" target="_blank" rel="noopener"><strong>2808-8298 </strong></a> ISSN PRINT <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211106111523636" target="_blank" rel="noopener">2808-8379</a> </strong></p> <p><a href="https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa" target="_blank" rel="noopener"><strong>khatulistiwa</strong></a> : Journal of Educational Sciences</p> <p><em>Journal of Educational Sciences. Published by the editorial board of the tarbiyah faculty journal. This journal is published every six months, namely in April and September. This journal contains studies on education science. The editors invite academics, lecturers, and researchers to contribute to this journal. Articles are authentic works and have not been published in other scientific magazines or anthologies. Articles are written in Indonesian and standard English with 1.5 cm spacing on A4 paper. The length of the article is 10-15 pages or 7000 to 9000 words. Articles must be submitted at least one month before the journal is published. Include an abstract in English with a maximum of 200 words; in each abstract followed by keywords.</em></p> en-US abdulazizulhakim@elkatarie.ac.id (abdul azizul hakim) m.ubaidillahkaromisyafari@elkatarie.ac.id (M ubaidillah Karomi Syafari) Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 perencanaan pendidikan yang responsif terhadap perubahan sosial: pendekatan inklusif untuk mewujudkan pendidikan berkualitas https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/284 <p style="text-align: justify;">Perubahan sosial yang dinamis menuntut sistem pendidikan untuk adaptif dan responsif terhadap tuntutan zaman. Dalam konteks ini, perencanaan pendidikan yang inklusif menjadi salah satu pendekatan utama untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Artikel ini membahas bagaimana perencanaan pendidikan yang responsif terhadap perubahan sosial, dengan pendekatan inklusif, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendekatan ini melibatkan integrasi berbagai aspek, termasuk kebijakan, kurikulum, dan pelatihan tenaga pendidik, dengan tujuan untuk menjawab tantangan perubahan sosial, seperti kesenjangan sosial, ketidaksetaraan pendidikan, dan perkembangan teknologi.</p> Ahmad Ahmad Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/284 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Strategi Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/281 <p style="text-align: justify;">Globalisasi telah membawa dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa asing. Bahasa Arab, sebagai salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan di dunia Islam, membutuhkan pendekatan inovatif dalam pembelajarannya untuk tetap relevan dengan kebutuhan zaman. Artikel ini membahas berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab yang inovatif, yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan globalisasi. Melalui penerapan teknologi, pendekatan komunikasi aktif, serta pembelajaran berbasis proyek dan masalah, pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengeksplorasi praktik-praktik pembelajaran bahasa Arab yang inovatif di berbagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dan metode komunikasi aktif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Arab siswa secara signifikan, baik dalam berbicara, menulis, maupun memahami budaya Arab.</p> fathoni fathoni Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/281 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al-Mahsuni https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/316 <p style="text-align: justify;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa di perpustakaan STITNU Al-Mahsuni. Serta mendeskripsikan tentang strategi yang digunakan pustakawan dalam mempromosikan perpustakaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha mengambarkan hasil penelitian yang didapatkan di lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan sumber data yang digunakan terdiri dari pustakawan dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa diperpustakaan STITNU Al-Mahsuni yaitu dengan berperan sebagai administrator yaitu dengan melakukan penataan ruangan perpustakaan, meningkatkan fasilitas perpustakaan, dan menambah variasi buku bacaan. Selain itu pustakawan juga berperan sebagai edukator dengan memberikan pelayanan yang baik serta peminjaman yang mudah. Strategi pustakawan dalam mempromosikan perpustakaan STITNU Al-Mahsuni dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan literasi, dan melakukan kerja sama dengan dosen dalam mempromosikan perpustakaan</p> Muhtar Muhtar Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/316 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Tauhid https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/283 <p style="text-align: justify;">Filsafat pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membangun paradigma pendidikan berbasis tauhid. Paradigma ini berupaya menjadikan nilai-nilai keimanan kepada Allah sebagai landasan utama dalam seluruh aspek pendidikan, baik kurikulum, metode, maupun tujuan akhir. Artikel ini mengkaji secara mendalam konsep tauhid sebagai inti filsafat pendidikan Islam dan relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis tauhid dapat membentuk manusia paripurna yang mampu menghadirkan harmoni antara aspek spiritual, intelektual, dan moral. Dengan demikian, penerapan paradigma pendidikan berbasis tauhid menjadi kebutuhan esensial dalam membangun generasi berkarakter dan bertanggung jawab secara individu maupun sosial.</p> Nur Syahid Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/283 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Model Perencanaan Pembelajaran Pai yang Berorientasi Pada Pengembangan Spiritualitas dan Akhlak Siswa https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/280 <p style="text-align: justify;">Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek spiritualitas dan akhlak. Perencanaan pembelajaran PAI yang efektif tidak hanya berfokus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga harus mengintegrasikan pengembangan nilai-nilai moral dan religius dalam kehidupan sehari-hari siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan model perencanaan pembelajaran PAI yang dapat mengoptimalkan pengembangan spiritualitas dan akhlak siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis konten, model yang diusulkan berfokus pada integrasi kurikulum, metode pembelajaran, serta evaluasi berbasis karakter. Diharapkan, model ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan kontribusinya dalam pembentukan karakter siswa di sekolah.</p> Abd Hakim Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/280 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Penguatan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Islam Integratif (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (IT) Utsman Bin Affan Dasan Lekong https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/317 <p style="text-align: justify;"><em>The aim of the research carried out was to determine efforts to strengthen student character through Integrative Islamic Education at the Utsman Bin Affan Dasan Lekong Integrated Islamic Elementary School. The research focus was on efforts to strengthen student character through Integrative Islamic Education. The type of research was descriptive qualitative research using a phenomenological approach. data using observation, interviews and documentation techniques and drawing conclusions. The results of the research show that efforts to strengthen student character at the Utsman Bin Affan Integrated Islamic Basic School were carried out through : 1. Preparation of an Integrated Curriculum. 2. Integration of Learning Themes: Learning materials in various general subjects can be linked to the values and</em><em> teachings of the Islamic religion. 3. Use of Religious Content in Learning 4. Extracurricular Activities with Religious Content.</em></p> Surya Bayu Ansori Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/317 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pola Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Era Digital https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/282 <p style="text-align: justify;">Perubahan yang terjadi di era digital menuntut adanya adaptasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kinerja guru. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pola kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait kepemimpinan transformasional dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan pola kepemimpinan transformasional mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung inovasi, memberikan inspirasi, dan memberdayakan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Artikel ini diakhiri dengan rekomendasi praktis untuk implementasi kepemimpinan transformasional di sekolah-sekolah Indonesia</p> Saidur Ridlo Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/282 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000 Korelasi Wakaf Dalam Peningkatan Kesejahteraan Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Syariah https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/285 <p style="text-align: justify;">Wakaf merupakan salah satu instrumen penting dalam ekonomi syariah yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan sosial. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara wakaf dan peningkatan kesejahteraan sosial melalui pendekatan ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa lembaga pengelola wakaf di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wakaf memiliki peran yang sangat besar dalam sektor pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin. Wakaf produktif, seperti wakaf uang yang digunakan untuk mendanai usaha mikro dan program pendidikan, telah membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Meski demikian, implementasi wakaf masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pengelolaan yang profesional dan kesadaran masyarakat yang rendah terhadap pentingnya wakaf. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan potensi wakaf, diperlukan perbaikan dalam regulasi, pengelolaan yang transparan, serta kolaborasi yang lebih erat antara lembaga pengelola wakaf, pemerintah, dan masyarakat.</p> Umul Nuraini Copyright (c) 2024 khatulistiwa https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/285 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0000