PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v5i1.267Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, tipe STAD, NHT, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1). Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT, terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. (2). Perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. (3). Interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT dengan motivasi berprestasi kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dengan isi sel tidak sama. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 MTs NW Selayar Tahun Pelajaran 2023/2024 Semester 2. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah dua kelas yaitu kelas VIII.C yang terdiri dari 35 siswa dan VIII.D yang terdiri dari 34. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan isi sel tidak sama. Setelah uji anava dua jalan dengan isi sel tidak sama dilanjutkan dengan uji lanjut anava yaitu komparasi ganda dengan metode Scheffe. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1). Tidak ada Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT, terhadap prestasi belajar IPA siswa. Fhitung= 0,0112; (2). Ada perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar IPA siswa. Fhitung= 7,514. Dari hasil uji komparasi ganda diperoleh bahwa ada perbedaan rerata yang signifikan antara motivasi berprestasi kategori tinggi dan rendah dengan = 73,13 > = 66,14; (3). Tidak ada interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT dengan motivasi berprestasi kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan Fhitung= 0,376.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 khatulistiwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.