Strategi Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.281Keywords:
Pembelajaran Bahasa Arab, Inovasi Pendidikan, Globalisasi, Teknologi dalam Pendidikan, Pembelajaran Berbasis Komunikasi, Pembelajaran Berbasis Proyek.Abstract
Globalisasi telah membawa dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa asing. Bahasa Arab, sebagai salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan di dunia Islam, membutuhkan pendekatan inovatif dalam pembelajarannya untuk tetap relevan dengan kebutuhan zaman. Artikel ini membahas berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab yang inovatif, yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan globalisasi. Melalui penerapan teknologi, pendekatan komunikasi aktif, serta pembelajaran berbasis proyek dan masalah, pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengeksplorasi praktik-praktik pembelajaran bahasa Arab yang inovatif di berbagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dan metode komunikasi aktif dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Arab siswa secara signifikan, baik dalam berbicara, menulis, maupun memahami budaya Arab.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 khatulistiwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.