Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Tauhid

Authors

  • Nur Syahid

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.283

Keywords:

Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Pendidikan, Tauhid, Karakter, Pendidikan Modern

Abstract

Filsafat pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membangun paradigma pendidikan berbasis tauhid. Paradigma ini berupaya menjadikan nilai-nilai keimanan kepada Allah sebagai landasan utama dalam seluruh aspek pendidikan, baik kurikulum, metode, maupun tujuan akhir. Artikel ini mengkaji secara mendalam konsep tauhid sebagai inti filsafat pendidikan Islam dan relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis tauhid dapat membentuk manusia paripurna yang mampu menghadirkan harmoni antara aspek spiritual, intelektual, dan moral. Dengan demikian, penerapan paradigma pendidikan berbasis tauhid menjadi kebutuhan esensial dalam membangun generasi berkarakter dan bertanggung jawab secara individu maupun sosial.

Published

2024-09-28

How to Cite

Syahid, N. . (2024). Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Tauhid. Khatulistiwa, 5(2), 39-48. https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.283