Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Tauhid
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.283Keywords:
Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Pendidikan, Tauhid, Karakter, Pendidikan ModernAbstract
Filsafat pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membangun paradigma pendidikan berbasis tauhid. Paradigma ini berupaya menjadikan nilai-nilai keimanan kepada Allah sebagai landasan utama dalam seluruh aspek pendidikan, baik kurikulum, metode, maupun tujuan akhir. Artikel ini mengkaji secara mendalam konsep tauhid sebagai inti filsafat pendidikan Islam dan relevansinya dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis tauhid dapat membentuk manusia paripurna yang mampu menghadirkan harmoni antara aspek spiritual, intelektual, dan moral. Dengan demikian, penerapan paradigma pendidikan berbasis tauhid menjadi kebutuhan esensial dalam membangun generasi berkarakter dan bertanggung jawab secara individu maupun sosial.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 khatulistiwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.