Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Raudhatul Muttaqin Welahan Jepara
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v3i1.142Keywords:
Peran Guru, Kecerdasan SpiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di TK Raudhatul Muttaqin Welahan Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dimana peneliti bertindak sebagai instrumen atau kunci, dan data diperoleh dengan, pertama; observasi keadaan sekolah, kedua; wawancara dengan Guru, ketiga; dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data dengan memilih data-data yang sesuai dengan fokus penelitian, kemudian penyajian data dengan mendeksripsikan setiap data-data yang ditemukan dilapangan dan selanjutnya penarikan kesimpulan dari hasil perolehan data dan deskripsi data yang sudah dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual yaitu (1) perencanaan dalam mengembangkan kecedasan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan (religious culture), dan penanaman pengetahuan kegamaan (religious knowing) sebagai wadah untuk membiasakan siswa mengetahui dan melaksanakan ajaran agama. (2) Menerapkan proses pembiasaan kepada anak. Yaitu dengan membiasakan anak mengucapkan salam dan membaca do’a ketika memulai pelajaran dan juga ketika pelajaran berakhir, membaca do’a sebelum makan dan sesudah makan, dan do’a sehari-hari. (3) membiasakan anak bertutur dan bertingkah laku yang baik misalnya anak dibiasakan untuk tidak berkata kasar, anak dibiasakan untuk selalu menghormati yang lebih tua, anak dibiasakan untuk selalu menerima sesuatu dengan tangan kanan, anak dibiasakan untuk mengucapkan terima kasih.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 khatulistiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.