The Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools

Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools

Penulis

  • Nurhikmah Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.141

Kata Kunci:

Motivation to learn, ARCS, IPS

Abstrak

Studi  ini untuk menjelaskan penerapan pembelajaran ARCS  pada  pelajaran Tematik muatan IPS untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menelusuri jurnal bereputasi untuk menjelaskan penggunaan model ARCS untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar adalah sebuah dorongan  yang timbul secar isntrinsik maupun ekstrinsik untuk belajar. Motivasi harus tetap ada dalam diri siswa selama proses pembelajaran. Hal ini membutuhkan peran guru untuk memotivasi siswa. Guru dapat menjaga dan meningkatkan motivasi siswa dengan penerapan pembelajaran ARCS.  Mengoptimalkan pembelajaran motivasi ARCS mampu menjaga motivasi siswa tetap stabil terkhusus dalam pembelajaran IPS didalam kelas maupun diluar kelas.

Diterbitkan

2012-08-28

Cara Mengutip

Nurhikmah. (2012). The Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools: Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools. Khatulistiwa, 3(2), 42-53. https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.141