The Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools
Literature Study, Increasing Learning Motivation With The Application Of Arcs Learning In Thematic Lessons Of Ips Content In Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.141Kata Kunci:
Motivation to learn, ARCS, IPSAbstrak
Studi ini untuk menjelaskan penerapan pembelajaran ARCS pada pelajaran Tematik muatan IPS untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menelusuri jurnal bereputasi untuk menjelaskan penggunaan model ARCS untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar adalah sebuah dorongan yang timbul secar isntrinsik maupun ekstrinsik untuk belajar. Motivasi harus tetap ada dalam diri siswa selama proses pembelajaran. Hal ini membutuhkan peran guru untuk memotivasi siswa. Guru dapat menjaga dan meningkatkan motivasi siswa dengan penerapan pembelajaran ARCS. Mengoptimalkan pembelajaran motivasi ARCS mampu menjaga motivasi siswa tetap stabil terkhusus dalam pembelajaran IPS didalam kelas maupun diluar kelas.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2022 khatulistiwa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.