Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN 2 Sapit Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis

  • Zarkasi Zarkasi Institut Elkatarie

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.144

Kata Kunci:

Hasil Belajar IPS, Metode demonstrasi

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini di kalsanakan di SD Negeri 2 Sapit di kelas VI Pada pembelajaran  IPS.  Bertujuan meningkatkan  hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 2 Sapit semester II. Jumah populasi sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan tes hasil belajar dan hasil observasi. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 66,6 dan pada siklus II nilai rata-rata yaitu 76. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal terjadi kenaikan antara siklus I yaitu 70 % dan siklus II yaitu 86 % . Dari data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI.

Diterbitkan

2022-08-28

Cara Mengutip

Zarkasi, Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN 2 Sapit Tahun Pelajaran 2022/2023. Khatulistiwa, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.144