Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI Semester II SDN 2 Sapit Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.144Kata Kunci:
Hasil Belajar IPS, Metode demonstrasiAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini di kalsanakan di SD Negeri 2 Sapit di kelas VI Pada pembelajaran IPS. Bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 2 Sapit semester II. Jumah populasi sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan tes hasil belajar dan hasil observasi. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 66,6 dan pada siklus II nilai rata-rata yaitu 76. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal terjadi kenaikan antara siklus I yaitu 70 % dan siklus II yaitu 86 % . Dari data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 khatulistiwa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.