Penerapan Pendekatan Pembelajaran Koperatif Tipe Make A Macth Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • Zikri Rahman

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.145

Kata Kunci:

Kooperatif , Tipe Make A Match, Prestasi belaja

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS, yang disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode bersifat monoton dan pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat kurang tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Fokus masalahnya adalah bagaimana meningkatkan hasil belahar siswa degan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Jual Beli pada kelas III SD Negeri 2 Rensing Kec. Sakra Barat tahun pelajaran 2021/2022. Tujuannya adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar IPS pada materi jual beli kelas III SD Negeri 2 Rensing Kec. Sakra Barat Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Rensing Kec. Sakra Barat. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Jual Beli. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,76 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar  64% dan rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 11,61 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 77,29 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 14,76 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing.

Diterbitkan

2022-08-28 — Diperbaharui pada 2024-05-26

Versi

Cara Mengutip

Rahman, Z. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Koperatif Tipe Make A Macth Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2021/2022. Khatulistiwa, 3(2), 13-17. https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.145 (Original work published 28 Agustus 2022)