Pengembangan Media “Kartu ADA BAKAD” Dalam Meningkatkan Adaptasi Budaya Akademik Pada Mahasiswa Baru

Penulis

  • Cholil Cholil UIN Sunan Ampel
  • Moch Syihabudin Nuha UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v4i1.149

Kata Kunci:

ADA BAKAD, Media Kartu, Adaptasi, Budaya akademik, Mahasiswa Baru

Abstrak

Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif studi kasus yang bertujuan untuk Penelitian ini merupakan model pengembangan media kartu dalam meningkatkan adaptasi budaya akademik pada mahasiswa baru tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa baru memahami budaya budaya kampus dan mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya yaitu di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini tergolong Riset dan Pengembangan yang dilakukan dalam delapan tahapan utama, yaitu:(1) Menganalisis potensi masalah yang ditemukan di lapangan; (2) Mengumpulkan informasi yang mendukung proses dan pemecahan masalah dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara; (3) Perancangan awal produk, dalam hal ini adalah media kartu ADA BAKAD dengan jenis kartu kuartet; (4) Validasi desain produk oleh tim uji ahli yaitu dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Ampel Surabaya dengan rata-rata perhitungan akhir 58 dan 64 Nilai termasuk dalam kategori rendah dan sedang; (5) Desain perbaikan yang telah diberikan oleh tim uji ahli agar produk berkualitas dan dipahami; (6) Uji coba produk pada subyek lapangan dan meningkat 84 dan 78. Dari pemberian intervensi berupa penggunaan ADA BAKAD dan angket pretest dan posttest, terjadi perubahan nilai akhir yang meningkat.

Diterbitkan

2023-04-28

Cara Mengutip

Cholil, C., & Nuha, M. S. (2023). Pengembangan Media “Kartu ADA BAKAD” Dalam Meningkatkan Adaptasi Budaya Akademik Pada Mahasiswa Baru . Khatulistiwa, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.69901/kh.v4i1.149