Transformasi Administrasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Menuju Pengelolaan Sekolah yang Modern dan Adaptif
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v6i1.338Kata Kunci:
administrasi pendidikan, transformasi digital, sekolah dasar, manajemen pendidikan, teknologi PendidikanAbstrak
Perkembangan teknologi yang pesat, ditambah dengan kebijakan global yang terus berubah, telah mendorong perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu area yang paling terdampak adalah administrasi pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Sebelumnya, sistem administrasi di sekolah-sekolah dasar banyak bergantung pada metode manual dan konvensional, yang seringkali menyulitkan proses pengelolaan dan memakan waktu. Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan zaman, administrasi pendidikan kini diharapkan untuk bertransformasi menjadi lebih modern dan efisien. Pengelolaan sekolah tidak lagi terbatas pada cara-cara lama, melainkan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan digital yang semakin mendalam. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah serta memberikan kemudahan dalam mengakses informasi yang lebih akurat dan tepat waktu. Artikel ini akan membahas bagaimana proses transformasi administrasi pendidikan di SD berlangsung, dengan fokus pada berbagai perubahan yang terjadi dalam pengelolaan data, pelaporan, serta sistem absensi dan keuangan yang semakin mengarah ke teknologi digital. Implementasi teknologi ini membawa harapan akan tercapainya proses administrasi yang lebih transparan dan efisien. Namun, transformasi ini tidak tanpa tantangan. Beberapa kendala yang dihadapi termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi, rendahnya tingkat literasi digital di kalangan tenaga pendidik, serta resistensi terhadap perubahan yang sering kali muncul. Tantangan-tantangan tersebut perlu dihadapi agar proses transformasi dapat berjalan lancar dan optimal di seluruh sekolah dasar. Untuk mewujudkan pengelolaan sekolah yang lebih efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan zaman, berbagai strategi dapat diterapkan. Ini termasuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pengadaan fasilitas yang memadai, serta pendekatan yang melibatkan semua pihak dalam proses perubahan. Dengan demikian, transformasi administrasi pendidikan di SD dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 khatulistiwa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

