Analisis Wacana di Kelas 5 Sekolah Dasar Islam Elhakim: Pendekatan Linguistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Indana Zulpa Zuaebun

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v6i1.341

Keywords:

analisis wacana, pembelajaran Bahasa Indonesia, sekolah dasar, berpikir kritis, konteks sosial-budaya

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Islam Elhakim mengalami perkembangan signifikan dengan diterapkannya pendekatan linguistik berbasis analisis wacana. Pendekatan ini memberikan warna baru dalam proses belajar mengajar, khususnya di kelas 5, di mana siswa mulai diajak untuk memahami teks secara lebih kritis dan mendalam. Analisis wacana merupakan salah satu cabang linguistik yang mempelajari bahasa dalam konteks penggunaannya. Dalam kegiatan pembelajaran, analisis ini menjadi alat untuk membimbing siswa agar mampu memahami makna teks tidak hanya dari segi gramatikal, tetapi juga dari aspek sosial, budaya, dan komunikatif. Di kelas 5 SD Islam Elhakim, penerapan analisis wacana dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan literasi seperti membaca cerita rakyat, diskusi teks informatif, serta latihan menulis narasi. Guru memfasilitasi siswa untuk menganalisis siapa penulis teks, apa tujuan komunikasi, serta bagaimana hubungan antar kalimat dibangun. Melalui pendekatan ini, siswa dilatih untuk lebih peka terhadap struktur teks dan pilihan kata yang digunakan dalam komunikasi. Dalam diskusi teks yang berhubungan dengan nilai-nilai keislaman dan budaya lokal, siswa didorong untuk mengaitkan isi teks dengan pengalaman pribadi serta nilai moral yang mereka anut. Pendekatan linguistik dalam analisis wacana mendorong terjadinya proses berpikir tingkat tinggi. Siswa dibimbing untuk menyusun argumen, menyampaikan pendapat, dan merespon teks dengan cara yang logis serta berbasis bukti. Hal ini memperkuat kemampuan berpikir kritis dan analitis sejak dini.  Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan analisis wacana memberikan dampak positif terhadap kemampuan berbahasa siswa. Mereka lebih terampil dalam membaca, menulis, dan menyampaikan ide secara terstruktur dan bermakna. Dengan demikian, analisis wacana sebagai pendekatan linguistik di kelas 5 SD Islam Elhakim terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga membentuk siswa yang reflektif, komunikatif, dan memiliki kesadaran sosial-budaya dalam berbahasa

Published

2025-04-23

How to Cite

Zuaebun, I. Z. (2025). Analisis Wacana di Kelas 5 Sekolah Dasar Islam Elhakim: Pendekatan Linguistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Khatulistiwa, 6(1), 41-51. https://doi.org/10.69901/kh.v6i1.341

Issue

Section

Articles