Efektivitas Pembelajaran Kelompok dengan Pembelajaran Individu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA SDI ELHAKIM BAGIK LONJER
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v4i1.205Keywords:
Pelajaran Kelompok dengan Pembelajaran Individu, Perbandingan Prestasi Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan prestasi belajar IPA pada materi keanekaragaman makhluk hidup ditinjau dari penggunaan pembelajaran kelompok dengan pembelajaran individu pada siswa kelas IV SDI Elhakim Bagik Lonjer. Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen, yaitu eksperimen semu. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebasnya adalah pembelajaran kelompok dengan pembelajaran individu dan variabel terikatnya atau variabel yang menjadi akibat adalah perbandingan prestasi belajar ipa. Sementara sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes obyektif yang terdiri dari pre-test dan post-test. Selain menggunakan pre-test, post-test, dan pilihan ganda juga digunakan instrumen daftar cek (ceklist) untuk pengamatan pembelajaran kelompok dan pengamatan pembelajaran individu. Kemudian masing-masing instrumen diuji kevalidan dan kesahihannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus yang sesuai. Adapun untuk analisis data dilakukan uji normalitas data dengan chi-kuadrat dan homogenitas data dengan tes barleth. Sedangkan teknik uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik uji-t.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 khatulistiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.