Peran e-Library dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SD Islam Elhakim
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v6i1.340Keywords:
e-Library, minat baca, peserta didik, sekolah dasar Islam, literasi digital, nilai keislaman, karakter siswa, SD Islam ElhakimAbstract
Minat baca siswa sekolah dasar merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk budaya literasi sejak dini. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa belum memiliki ketertarikan kuat terhadap aktivitas membaca. Fenomena ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, khususnya bagi lembaga yang mengusung nilai-nilai keislaman seperti SD Islam Elhakim. Seiring denga kemajuan teknologi informasi, hadirnya perpustakaan digital atau e-Library menjadi alternatif baru dalam menjawab tantangan tersebut. e-Library memungkinkan peserta didik mengakses berbagai bahan bacaan dengan mudah melalui perangkat digital seperti komputer, tablet, atau ponsel. Hal ini menjadi peluang besar untuk menumbuhkan minat baca siswa secara lebih fleksibel dan modern. e-Library juga mendukung program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dijalankan oleh SD Islam Elhakim. Siswa diajak untuk membaca setiap hari secara mandiri atau bersama guru, lalu merangkum hasil bacaan mereka dalam bentuk laporan sederhana. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk membentuk kebiasaan membaca yang positif. Guru dan pustakawan berperan aktif dalam mendorong penggunaan e-Library dengan memberikan bimbingan, rekomendasi buku, serta pengawasan terhadap kemajuan literasi siswa. Pendekatan ini menjadikan e-Library tidak hanya sebagai media bantu belajar, tetapi juga sebagai ruang tumbuhnya kemandirian dan rasa ingin tahu peserta didik. Di sisi lain, penggunaan e-Library juga memperkuat kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Melalui program “Baca Bersama di Rumah”, orang tua didorong untuk mendampingi anak-anak mereka membaca buku digital yang disediakan oleh sekolah. Sinergi ini diharapkan dapat membentuk lingkungan rumah yang mendukung perkembangan literasi anak.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 khatulistiwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

