Pengembangan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project-Based Learning Dengan Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester I Kelas IV SDN 02 Menceh Tahun Ajaran 2022/2023.

Authors

  • nikmah nikmah

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.148

Keywords:

Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik, Project Based Learning.

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini bahwa kurangnya sumber belajar dan tidak adanya aktivitas yang menarik dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kurangnya sumber belajar membuat siswa merasa kesulitan mempelajari suatu topik dikarenakan terbatasnya materi yang ada di dalam buku paket tematik. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar siswa dapat melakukan aktivitas pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan dan respon guru terhadap pengembangan bahan ajar tematik berbasis project-based learning di kelas IV SDN 2 Menceh. Tema yang dipilih untuk dikembangkan dalam penelitian ini adalah Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Materi ini dipelajari pada semester 3 kelas 4.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain pengembangan bahan ajar tematik berbasis project-based learning sudah baik dan bisa menjadi inovasi baru yang menarik, (2) kelayakan bahan ajar tematik berbasis project-based learning dinilai oleh validator ahli media memperoleh 86% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli materi diperoleh kelayakan mencapai 85,5% temasuk dalam kategori “Sangat Layak”, (3) hasil respon guru terhadap bahan ajar pada pembelajaran tematik ini memperoleh 88,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran

Published

2012-08-28

How to Cite

nikmah, nikmah. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project-Based Learning Dengan Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester I Kelas IV SDN 02 Menceh Tahun Ajaran 2022/2023. Khatulistiwa, 3(2), 31-42/. https://doi.org/10.69901/kh.v3i2.148