Upaya Peningkatan Daya Hafal Siswa Melalui Implementasi Permainan Kartu Gambar dan Huruf dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Fathoni Fathoni

DOI:

https://doi.org/10.69901/kh.v4i2.186

Keywords:

Daya Hafal, Permainan Kartu Gambar dan Huruf, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Kegiatan memori menggunakan metode penggabungan materi visual dengan kartu huruf  untuk membantu anak lebih mudah mengingat simbol huruf dengan cara membandingkan materi visual yang dilihatnya sehingga meningkatkan kemampuan memorinya.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan daya ingat melalui metode penggabungan materi visual dengan kartu abjad bagi siswa MTs Darul Hikmah Sidoarjo, serta mengetahui langkah-langkah agar metode penggabungan materi gambar dengan suku kata dapat meningkatkan sedang belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan  siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu:  perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa MTs Darul Hikmah Sidoarjo  yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki. Dalam penelitian ini digunakan 2 siklus dengan hasil prasiklus daya ingat 34%, pada siklus I meningkat menjadi 60%,  keberhasilan yang diharapkan sebesar 80%, pada siklus II tercapai menghasilkan peningkatan sebesar 93%. Dari hasil penelitian di atas, metode penggabungan materi visual dengan suku kata dapat meningkatkan kemampuan memori siswa MTs Darul Hikmah Sidoarjo. Sebaiknya penelitian selanjutnya sebaiknya lebih inovatif dan kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif guna meningkatkan minat hafalan anak

Published

2023-08-28

How to Cite

Fathoni, F. (2023). Upaya Peningkatan Daya Hafal Siswa Melalui Implementasi Permainan Kartu Gambar dan Huruf dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Khatulistiwa, 4(2), 25-40. https://doi.org/10.69901/kh.v4i2.186