Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Akar Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata Pada Kelas IV SDN 7 Bungtiang Tahun Pelajaran 2018/2019

Penulis

  • Abdul Azizul Hakim

Kata Kunci:

Motivation, Results, Demonstration

Abstrak

Penggunaan metode demonstrasi dan media nyata dalam pembelajaran IPA Materi Struktur Akar dapat meningkatkan motivasi  siswa kelas IV SDN 7 Bungtiang Kabupaten Lombok Timur. Hal ini dapat dilihat pada siklus I  dengan  tingkat pernyataan siswa yaitu sangat setuju (85%), setuju (20%) dan pernyataan tidak setuju dan sangat tidak setuju ( 0 %) yang tergolong aktif, sedangkan pada siklus II dengan tingkat pernyataan siswa yaitu sangat setuju (95%), setuju (5%) dan pernyataan tidak setuju dan sangat tidak setuju ( 0 %) yang tergolong sangat aktif. Ini menunjukkan adanya antusias dan motivasi belajar terus meningkat dengan menggunakan metode demontrasi dan media nyata. Penggunaan metode demonstrasi dan media nyata dalam pembelajaran IPA Materi Struktur Akar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Bungtiang Kabupaten Lombok Timur dengan rumus ketuntasan secara klasikal. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 56,67 %  dan pada siklus II sebesar 83,67 %. Menurut kurikulum yang dikatakan tuntas secara klasikal apabila memperoleh nilai 80 %. Jadi ketuntasan terjadi pada siklus II. Dengan penggunaan metode demonstrasi dan media nyata  motivasi belajar  siswa meningkat dilihat dari hasil angket motivasi siswa pada siklus I yaitu sangat setuju (85%), dan  setuju (20%)  dan pada siklus II sangat setuju (95%) dan  setuju (5%) sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa pada tiap siklus sebesar sangat setuju (10%), setuju (15%)

Diterbitkan

2020-04-28

Cara Mengutip

Hakim, A. A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Akar Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata Pada Kelas IV SDN 7 Bungtiang Tahun Pelajaran 2018/2019. Khatulistiwa, 1(1), 1-12. Diambil dari https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/87