Peranan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lombok Timur Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.69901/kh.v5i1.246Keywords:
peran kepala Madrasah, mutu MadrasahAbstract
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan diperlukan upaya optimalisasi terhadap semua komponen, pelaksana dan kegiatan pendidikan. Salah satu paling penting yang harus dilakukan adalah melalui optimalisasi peran kepala madrasah. Kepala madrasah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan sangat besar dalam mengembangkan mutu pendidikan di madrasah. Berkembangnya semangat kerja, kerjasama yang harmonis, minat terhadap perkembangan pendidikan, suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan, perkembangan mutu profesional diantara para guru banyak ditentukan kualitas kepemimpinan kepala madrasah. Fokus penelitian ini yaitu peran kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan sebagai; (1) educator (pendidik); (2) manajer; (3) administrator;(4) supervisor (penyelia); (5) leader (pemimpin); (6) pencipta iklim kerja; (7) dan wirausahawan. Komponen peningkatan mutu pendidikan, (a) faktor siswa, (b) faktor guru, (c) faktor kurikulum, (d) faktor sarana dan prasarana pendidikan, (e) faktor pengelolaan madrasah, (f) faktor proses belajar mengajar, (g) faktor pengelolaan dana, (h) faktor supervisi dan monitoring. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu, (a) peningkatan kualitas guru; (b) peningkatan materi; (c) peningkatan dalam menggunakan metode, (d) peningkatan sarana dan prasarana; dan (e) peningkatan kualitas pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini, (1) peran kepala madrasah ialah sebagai pemimpin madrasah yang harus memiliki tanggung jawab besar untuk itu kepala madrasah bekerja dan dengan tangan orang lain untuk memperlancar sistem di madrasah. Kepala madrasah bekerja dengan mendayagunakan SDM yang ada, (2) komponen peningkatan mutu pendidikan faktor-faktor penting yang harus diusahakan sempurna.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 khatulistiwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.